Skip to content

Perbicaraan 3 situs tentang kebal hukum

November 27, 2009
di forum kafe gaul

Strikers:

mau tanya nih mudah2an ga salah nanya😀
seringkali kita melihat kasus2 gitu, dan kadang2 para tersangkanya ada saja yg lolos dari hukuman.
bahkan sering juga para pejabat seakan kebal hukum…
yang saya mau tanyakan adalah:
bisakah seseorang itu menjadi kebal terhadap suatu hukum?
syarat dan ketentuan apa yg berlaku?
trus, klo misalnya orang tersebut saat ini sedang menjadi tahanan kota atau tahanan rumah, dan kemudian dia terbukti bersalah pada suatu kasus di kota/tempat lain, itu bagaimana ya?
apa dia menjadi kebal dulu sampai masa tahanan habis?
atau bagaimana?

thx.

yearzero:
pejabat itu ga kebal hukum bro…

seperti yang gw bold diatas, pejabat seakan kebal hukum padahal tidak…
buktinya adalah karena mereka diproses juga oleh pengadilan atas tuntutan yang diberikan kepada mereka… nah hasil akhirnya mereka bisa lepas, itu diluar penjelasan dan kadang nalar kita (if u know what i mean)…

seseorang bisa menjadi kebal hukum, contoh pekerja di kedutaan besar Indonesia di negara lain (ex. australia)…
mereka kebal dari hukum2 yang berlaku di Australia… karena mereka disana dianggap sebagai sebuah negara, yaitu Indonesia… dan Indonesia (dalam hal ini para pekerja) tidak tunduk kepada hukum Australia…

apabila, kedapatan melakukan tindakan pidana… maka sanksinya adalah orang tersebut di-persona non grata-kan… alias dipulangkan ke negara asalnya, untuk selanjutnya diproses sesuai hukum yang berlaku di negara asalnya…
seperti contoh kasus, duta besar Indonesia yang tertangkap menyelundupkan gading gajah dari Afrika Selatan… dia tidak dapat dikenakan sanksi di Afsel, tapi jabatannya dicopot (persona non grata)…

atau ada yang mau nambahin, atau mau koreksi?

burhan1108:

saya tambahkan keterangan dari bro yearzero…

seseorang bisa tidak dikenakan pidana atas perbuatan/tindak pidana yang dilakukan, diantaranya :

pelaku sakit jiwanya, pelaku belum dewasa, tindak pidana itu dilakukan dibawah pengaruh tekanan dimana pelaku tidak dapat melawannya, karena pembelaan terpaksa, karena melaksanakan ketentuan undang-undang, melaksaakan perintah jabatan yang diberikan oleh penguasa yang berwenang…

untuk pertanyaan lainnya (soal tahanan) terus terang saya kurang jelas, misalnya apakah stutusnya tahanan kota/tumah di kota X untuk kasus yang disidangkan di lain tempat atau untuk kasus yang berbeda???!!!! Tapi saya coba simpulkan seperti ini, seseorang yang dikenakan tahanan kota/rumah selama persidangan perkaranya sedang berlangsung di pengadilan dan kemudian ternyata diputus bersalah dan harus masuk penjara, maka pidana yang dijatuhkan pada dasarnya akan dikurangi dengan masa dia menjalani tahanan rumah/kota tadi….

mudah-mudahn jelas ya bro Strikers….

Gerry Kaien:

Bukannya kalo duta negara itu kebal hukum di teritorinya om? makanya banyak tahanan yang lari ke wilayah rumah duta besar.::grin:

earlhaart:

kalo ga salah itu namanya suaka kan
minta perlindungan hukum di kedubes laen tp ada syarat2nya dan saya lupa moga2 om burhan dan yg laen bisa menambahkan

burhan1108:

Bukannya kalo duta negara itu kebal hukum di teritorinya om? makanya banyak tahanan yang lari ke wilayah rumah duta besar.::grin::

duta besar dan/atau atase dan/atau konsul dan/atau yang ditentukan dalam perjanjian diplomatik antar negara yang bersangkutan memang dilindungi oleh kekebalan diplomatik…kalau soal tahanan lari ke rumah duta besar bukan berarti ndak bisa ditangkap, sangat bisa ditangkap. Yang jadi masalah bilamana tahanan atau tindak pidananya yang dilakukannya itu dalam ruang lingkup “ranah politik”… dan bilamana ini yang terjadi maka bukan bicara soal kebal hukum tapi pada umumnya mengenai miminta perlindungan politik atau suaka politik….

kalo ga salah itu namanya suaka kan
minta perlindungan hukum di kedubes laen tp ada syarat2nya dan saya lupa moga2 om burhan dan yg laen bisa menambahkan

memang masing-masing negara memiliki syarat-syaratnya sendiri> pada umumnya suaka politik ini berkaitan erat dengan permasalahan politik atau yang dianggap sebagai kejahatan kemanusiaan. Namun sesungguhnya, menurut pendapat saya, hal ini sifatnya sangat subyektif sekali, tergantung kepada pandangan politik dari negara pemberi suaka kepada negara yang WN-nya meminta suaka tadi.
Kadang kala pula, suaka politik sering kali dijadikan sebagai alat “tekan” dari suatu negara yang lebih kuat atau dengan alasan ingin menunjukkan sisi kelemahan dari suatu negara yang warga negaranya mencari suatu suaka politik….

Strikers:

saya tambahkan keterangan dari bro yearzero…

seseorang bisa tidak dikenakan pidana atas perbuatan/tindak pidana yang dilakukan, diantaranya :

pelaku sakit jiwanya, pelaku belum dewasa, tindak pidana itu dilakukan dibawah pengaruh tekanan dimana pelaku tidak dapat melawannya, karena pembelaan terpaksa, karena melaksanakan ketentuan undang-undang, melaksaakan perintah jabatan yang diberikan oleh penguasa yang berwenang…

untuk pertanyaan lainnya (soal tahanan) terus terang saya kurang jelas, misalnya apakah stutusnya tahanan kota/tumah di kota X untuk kasus yang disidangkan di lain tempat atau untuk kasus yang berbeda???!!!! Tapi saya coba simpulkan seperti ini, seseorang yang dikenakan tahanan kota/rumah selama persidangan perkaranya sedang berlangsung di pengadilan dan kemudian ternyata diputus bersalah dan harus masuk penjara, maka pidana yang dijatuhkan pada dasarnya akan dikurangi dengan masa dia menjalani tahanan rumah/kota tadi….

mudah-mudahn jelas ya bro Strikers….
maksud saya itu dia terlibat kasus lain yang disidangkan di tempat lain, kan statusnya saat itu dia tidak bisa keluar rumah
karna berstatus tahanan…

mungkin saja di daerah lain ataupun di negara lain..

begitulah kira2..

sori2 ya klo pertanyaan saya rada2 esktrem
heheh…

penasaran jg sih ::hihi::

burhan1108:

maksud saya itu dia terlibat kasus lain yang disidangkan di tempat lain, kan statusnya saat itu dia tidak bisa keluar rumah
karna berstatus tahanan…

mungkin saja di daerah lain ataupun di negara lain..

begitulah kira2..

sori2 ya klo pertanyaan saya rada2 esktrem
heheh…

penasaran jg sih ::hihi::

jika seseorang sedang dikenakan tahanan rumah/kota maka begitu ada perkara lain yang disidangkan di pengadilan dan dia jadi terdakwa maka dia wajib hadir di pengadilan (ini sudah diurus oleh penuntut umum). Bila bersalah, pidana akan ditambahkan dengan hukuman yang sedang dijalani….


menurut versinya sinchan:

Kebal H.U.K.U.M

Z U L V A . com - icons - graphics and comment - friendster layoutGue sedih banget sekaligus mata ini berkaca-kaca menyaksikkan banyaknya masyarakat Indonesia yang gak taat lagi dengan peraturan-peraturan yang telah dibuat. Lihat saja di jalan, banyak pengendara kendaraan bermotor yang setiap hari mencoba menerobos bahu jalan saat lampu masih merahZ U L V A . com - icons - graphics and comment - friendster layout, mendadak berhenti ketika lampu hijau, dan yang lebih parah malahan ada yang nyuci mobil di tengah-tengah jalan saat lampu lalu lintas kelap-kelip berwarna kuning. Gue yakin para Black Community terutama Black Car Community dan Black Motor Community tidak melakukan hal yang serupa apalagi yang lebih parah seperti melakukan aksi damai dengan tidur di tengah-tengah jalan tol dan mengadakan gathering duduk lesehan untuk acara makan bareng di tengah jalan raya Sudirman dan TB SimatupangZ U L V A . com - icons - graphics and comment - friendster layout. Mestinya lampu lalu-lintas tersebut ditambah lagi corak dan warnanya seperti warna pelangi MEJIKUHIBINIU. Misalnya warna loreng yang mengisyarakatkan bahwa mobil tentara dan tank-tank sedang patroli serta warna Ijo muda yang menyimbolkan mobil tanki sedot tinja sedang lewat. Masyarakat sudah kebal HUKUM. Kali ini gue akan menjelaskan tentang segala sesuatu yang berkaitan tentang hukum di Indonesia secara singkat dan padat, sepadat KETUPAT.Z U L V A . com - icons - graphics and comment - friendster layout
Sebelum berbicara hukum secara lebih mendalam, ada baiknya kita tahu terlebih dahulu apa arti kata hukum tersebut. Hukum itu sebenarnya terdiri dari 2 suku kata. Suku kata ‘HU’ diambil dari kata ‘huru-hara’ dan suku kata ‘KUM’ berasal dari kata ‘kumur-kumur’. Jadi klo kita gabungin kata HUKUM akan membentuk sebuah arti yang kurang lebih seperti ini, “Kejadian huru-hara antara 2 pihak yang bertikai dapat mengancam jiwa sekaligus menyebabkan kematian pada diri kita apabila klo kita kebelet kencing, terus airnya kita masukin kedalam botol, kita kumur-kumur kemudian kita semprotkan ke wajah orang”.Z U L V A . com - icons - graphics and comment - friendster layout
Hukum di Indonesia sangat sulit ditegakkan tidak seperti di negara lainnya. Bagaimana tidak, pahlawan kita seperti Manusia Millenium dan Saras 008 udah gak nongol-nongol lagi dalam memberantas kejahatan dan menegakkan keadilan di Indonesia. Mungkin mereka sedang kumpul-kumpul makan kuaci dengan pahlawan negara lainnya seperti Robocop, Masked Rider Kuuga, Gaban dsb untuk membahas masalah krisis global kejahatan tahun 2009. Penegak hukum saat ini sudah bosan dengan kejahatan, makin banyak kejahatan makin sibuk kerjanya dan dia gak bisa main-main , ngegossip, dan ongkang-ongkang kaki lagi di kantor.
Z U L V A . com - icons - graphics and comment - friendster layout
Kasus kejahatan yang berujung pada penangkapan di penjara gak lagi membuat para pelaku kejahatan kapok. Pasalnya di penjara mereka bisa hidup enak dan berkecukupan. Makan teratur 3 kali sehari, pagi-pagi olahraga, siang kerja, malam tidur nyenyak plus banyak temannya lagi. Gak ada tempat yang ngasih perhatian lebih bagi mereka selain di penjara. Mandi dijagain, makan dijagain, tidurpun dijagain. Para sipir penjara kok pada perhatian yah? Padahal belum tentu mereka perhatian ama pacar ataupun sama istrinya. Menurut gue inilah yang membuat mereka betah dan mau kembali lagi ke tempat ini dengan alasan kangen dan pengen reunian.
Kembali lagi ke topik dan kali ini gue akan serius . Kenapa banyak masyarakat sering melanggar aturan dan berbuat seenak perut mereka sendiri? Disamping mental yang terbelakang dari masyarakat, pendidikan akan hukumpun jarang disebarluaskan. Salah satu teman kampus guepun (berinisial A.D, bukan Ade Namnung dan bukan juga Ahmad Dhani yah…) yang udah berkali-kali ditilang dan didenda gara-gara gak pernah make yang namanya helm sampai saat sekarang masih aja gak kapok-kapok ngelakuinnya. Untung aja di gak lupa pake celana. Ini adalah salah satu contoh betapa rusaknya mental anak muda sekarang akan hukum.Z U L V A . com - icons - graphics and comment - friendster layout
Di tambah lagi dengan kurangnya sosialisasi akan hukum maka jadilah nasi goreng special bawang goreng, ups malah ngomongin makanan, maksud gue maka jadilah kebutaan hukum terhadap generasi muda sekarang. Remaja betul-betul buta hukum, bahkan ada temen gue lagi yang berinisial (D.P ,bukan Dewi Persik) yang membuat gue cengar-cengir ketika gue tanya apakah itu hukum? Jawabannya adalah HUKUM itu merupakan kepanjangan dari “Hasrat Untuk Kawin Usia Muda”. Hihihi… dasar tukang MESUM!!! Carut marut hukum gak hanya itu aja kasus salah tangkappun sering terjadi, niatnya mau nangkap perampok yang lari membawa televisi tetangga subuh-subuh buta kok yang ketangkep malah peserta marathon pagi. Ter…. La…. Lu….
Z U L V A . com - icons - graphics and comment - friendster layout
Sstttt………Kali ini gue bakal bener-bener serius!!!
Hukum hanya bisa ditegakkan klo semua aspek kehidupan saling bantu-membantu dan saling mendukung satu dengan yang lainnya. Hukum gak bakal bisa berdiri sendiri tanpa adanya partisipasi kita. Dan buat para penegak hukum sadarlah bahwa bagaimana bisa kita menegakkan hukum klo penegak hukum aja gak bisa menegakkan hukum? Terus siapa/apa yang mau ditegakkan? Wajar aja klo banyak warga yang kebal hukum saat ini . Kita gak perlu yang namanya orang yang pintar dan tau tentang teori-teori tentang hukum, yang kita butuhin sekarang adalah orang yang benar-benar mampu hidup dengan hukum serta melaksanakan hukum tersebut secara baik dan benar. Yang namanya praktisi hukum, pengacara, konsultan hukum semuanya Bullshit klo mereka hanya memanfaatkan pengetahuan hukum mereka untuk mencari duit. Mari bersama kita benahi hukum Indonesia yang carut marut ini dengan mulai melakukan pembenahan dari diri kita sendiri.

Z U L V A . com - icons - graphics and comment - friendster layout

Gue yakin bahwa masih ada aparat penegak hukum yang benar-benar jujur dalam menegakkan hukum. Kami butuh keberanianmu, bukan bajumu! apalagi KOLORmu!! Basmi penjahat yang melanggar hukum dengan jujur! Image penjahat harus diubah!! Penjahat bukannya malu apabila ketahuan dan tertangkap oleh pihak yang berwajib, malah cengar-cengir, sumringah sekaligus bangga atas prestasi kejahatannya ibarat meraih medali olimpiade. Harusnya penjahat ditembak mati semua, mulai dari penjahat amatiran yang maling kutang sampai penjahat kelas kakap seperti koruptor yang merugikan Negara trilyunan rupiah harus dibumi hanguskan dari negara ini dengan segera dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Jakarta, 20 Februari 2009 atas nama bangsa Indonesia. Ady Sutady
Terima Kasih, Selamat Menempuh Hidup Baru, Semoga Arwahmu diterima di sisiNya..
Amin……
um,
ini lah enaknya jadi artis jaman sekarang , udah terkenal , kaya , banyak uang ,
bisa kemprut sana – sini ditambahin kebal hukum , hehhehe

Pasha Ungu Kebal hukum ..


Judulna Pasha Ungu kebal hukum .. ??
ini lah enaknya jadi artis jaman sekarang , udah terkenal , kaya , banyak uang , bisa kemprut sana – sini ditambahin kebal hukum , hehhehe
Meski udah ditetapkan sebagai tahanan kota , kabarnya pasha masih tetap eksis manggung di jakarta dan luar kota ,
kalau terbukti dia keluar dari bogor udah pasti ditangkap .dan dijebloskan ke penjara .. kenyata-annya masih eksis . .. truss jaksa dan polisi apa matanya tersrrang KATARAK . semua … malah di sebuah televisi jaksa malah poto2-an bersama sang artiss …??

contoh lain eko patrio , dalam pemilu kemarin terkait money politics ,bagi2 uang .. apa yang terjadi apa ditangkap KPK , jaksa atau polisi .. cuman datang 3 jam di kejaksaan truss udah pulang dan sekarang terpilih jadi anggota dpr , maklum lahh eko khan kenal dengan keluarga cendana

truss si primuk terkait ijasah palsu .. tiba2 kasusnya menghilang dan di lantik menjadi anggota DPR , pada waktu itu bahkan pihak sekolah pun membantah si primuk pernah sekolah ditempat dia .. ?? tapi anehnya si primuk bisa mendapatkan ijasah

ini apa .. ? kok tiap hari diributkan soal cicak dan buaya … tuhh liat malah artis kita yang kebal hukum semua , truss aparat kita bagaima.. ??
gak becus , tololl , atau bagaimana ….
tiap hari sampe bosan melihat TV … cicak .. cicak … buaya …
bagaimana dengan artis kita

Dan terakhir kasus seorang nenek yang meninggal gara2 tidak bisa bayar biaya rumah sakit , karena rumahnya terendam lumpur lapindo , dan sampe sekarang pun sisa ganti rugi 80 % belum dibayar oleh keluarga BAK**E
kok tidak masuk TV .. ?? ada apa ini
bayangkan karena sakit , dia tidak punya biaya sedangkan rumahnya terendam lumpur … dan sampe sekarangf belum diganti2 ..
truss yang punya malah jalan2 keluar negeri bersama artis dan belanja barang mewah .. ehh … ehh si anaknya niru gak mau kalah ngajal pacarnya ke mall belanja habis 2 juta gitu masuk infotaiment dan disebarkan secara nasional ..
truss otaknya pada kemana semua ..

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: